Mengenal Truk Engkel Dan Keunggulannya

Kelebihan dari Truk Engkel · Dapat Menjangkau Jalanan Kecil · Mampu Memuat Barang Mencapai 2 Ton · Terbebas dari Larangan Jam

Truk Engkel
Mengenal Truk Engkel Dan Keunggulannya

Mengenal truk engkel dan keunggulannyaTruk sering mendapatkan julukan sebagai "siput jalanan" karena laju geraknya yang cenderung lambat. Tetapi, tak dapat dipungkiri, peran truk dalam memenuhi kebutuhan logistik masyarakat sangatlah vital. Khususnya, truk-engkel, salah satu varian truk yang memiliki banyak penggemar.

Mengenal Lebih Dekat Truk Engkel

Truk Colt Diesel Engkel (CDE) yang populer di Indonesia biasanya dikenal dengan istilah "truk engkel." Truk ini terjual dalam berbagai konfigurasi dengan dua sumbu roda.

Asal muasal istilah "truk Colt Diesel Engkel" awalnya merujuk pada truk ringan yang hanya memiliki sepasang roda belakang. Namun, dalam perkembangannya, istilah ini lebih umum digunakan untuk truk medium yang memiliki konfigurasi dua as roda.

Jika Anda pernah melihat mobil elf yang sering digunakan sebagai kendaraan travel, maka itulah bentuk sebenarnya dari truk CDE. Namun, istilah "engkel" kini mengacu pada truk yang memiliki dua sumbu roda.

Truk CDE mampu mengangkut muatan hingga 2 ton. Kotak kargo truk ini biasanya memiliki dimensi lebar 170 cm, panjang 350 cm, dan tinggi 160 cm. Kapasitas volume yang dapat diangkut oleh truk ini berkisar antara 7 hingga 9 meter kubik.

Truk Engkel
Mengenal Truk Engkel Dan Keunggulannya

Manfaat Dan kelebihan dari Truk Engkel

Truk CDE memiliki sejumlah manfaat yang tidak dimiliki oleh jenis truk lain dalam hal pengangkutan muatan. Ini adalah sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh truk Colt Diesel Engkel:

Kemampuan Menjangkau Jalanan Sempit

Ukuran truk CDE yang relatif kecil memungkinkan truk ini untuk mencapai pengiriman ke lokasi dengan akses jalan yang sempit, seperti perkampungan atau perumahan. Truk ini sering digunakan untuk pengiriman berbagai barang ritel atau barang pindahan kantor dan rumah.

Truk besar sering menghadapi masalah seperti cabang pohon, kabel listrik, dan sebagainya saat melewati jalanan semacam itu. Namun, dengan tingginya yang mencapai sekitar 160 cm, truk ini mampu melintasi jalanan tanpa kendala.

Mampu Mengangkut Beban Hingga 2 Ton 

Meskipun memiliki ukuran yang relatif kompak, truk ini mampu membawa muatan seberat 2 ton. Kemampuan ini sering menjadi pertimbangan utama bagi pebisnis ritel yang ingin mengirimkan barang.

Sebelum menggunakannya untuk mengirim barang, biasanya proses dimulai dengan pembuatan surat delivery order. Dokumen ini berperan sebagai perintah untuk menyerahkan barang atau produk yang telah dipesan oleh pembeli.

Dibandingkan dengan truk-truk seperti L300 atau Gran Max, truk ini lebih umum digunakan untuk angkutan barang. Secara tonase, misalnya, truk Gran Max hanya mampu membawa muatan sekitar 700 hingga 900 kg, sementara L300 hanya sanggup membawa beban 900 hingga 1.200 kg.

Tidak Terikat pada Pembatasan Waktu

Kementerian Perhubungan memiliki aturan ketat tentang jam operasional truk, terutama untuk truk golongan II ke atas. Mereka diizinkan beroperasi mulai dari pukul 22.00 hingga 05.00 WIB. Ini berarti, truk golongan tersebut dilarang beroperasi di dalam kota antara pukul 05.01 dan 21.59.

Terlepas dari pembatasan waktu operasional, truk engkel ini juga diperbolehkan untuk beroperasi kapan saja di dalam kota. Hal ini disebabkan oleh klasifikasi kendaraan ini sebagai golongan I menurut peraturan lalu lintas, sehingga tidak terikat oleh pembatasan waktu operasional yang berlaku untuk truk golongan II dan lebih tinggi.

Selain kebebasan dari pembatasan waktu, truk engkel juga mendapat keistimewaan untuk beroperasi di jalan tol. Harap diingat bahwa aturan ini umumnya berlaku khusus untuk wilayah Jakarta, di mana truk golongan II dilarang untuk melewati jalan tol di dalam kota.

Truk ini memiliki kargo yang luas

Dengan kubikasi sekitar 9 kubik meter, memungkinkannya untuk membawa lebih banyak muatan dibandingkan dengan truk beroda empat lainnya. Ukuran kotak kargo yang lebih besar menjadi keunggulan utama truk ini, sehingga sering diandalkan untuk pengiriman barang, baik di dalam maupun di luar kota.

Truk Engkel
Mengenal Truk Engkel Dan Keunggulannya

Aspek Penting yang Wajib Dipertimbangkan saat Menggunakan Truk Engkel

Namun, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan truk engkel untuk pengiriman barang. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

Beban Maksimum Barang

Pastikan terlebih dahulu bahwa muatan barang tidak melebihi kapasitas truk, yang seharusnya hanya sekitar 2 ton. Terkadang, orang cenderung melanggar ketentuan ini dengan membawa muatan yang jauh melebihi batasnya.

bahkan mencapai 3 ton. Hal ini bukan hanya merugikan truk itu sendiri, tetapi juga bisa mengakibatkan kerusakan mesin dan berpotensi berbahaya bagi penumpang.

Untuk alasan keamanan, disarankan untuk memilih jenis truk yang lebih besar, seperti truk beroda enam atau yang setara, jika Anda perlu mengangkut muatan yang lebih berat.

Tempat Pengisian atau Pemuatan Barang

Selain itu, sebelum memulai pengiriman, sangat penting untuk memastikan lokasi muat dan bongkar barang yang akan dituju. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa perjalanan berjalan lancar dan menghindari risiko keterlambatan.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena banyak perkampungan dan perkotaan yang memiliki pintu gerbang atau portal jalan yang dapat menghalangi truk engkel untuk melintas.

Ukuran Volume Muatan atau Barang

Selain itu, perlu memastikan bahwa kubikasi barang yang akan dikirim sesuai dengan spesifikasi truk, yaitu sekitar 9 kubik meter. Barang yang melebihi panjang, tinggi, atau lebar kotak truk, yang masing-masing adalah sekitar 350 cm, 160 cm, dan 170 cm, idak bisa diangkut dengan truk ini. 

Barang-barang yang terlalu besar akan mengganggu perjalanan. Jika perlu mengirim barang yang lebih besar, sebaiknya menggunakan jenis truk yang lebih besar.

Meskipun truk engkel memiliki ukuran yang relatif kecil, mereka memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan jenis truk lainnya. Mereka mampu mengangkut muatan hingga 2 ton, dan memiliki fleksibilitas dalam hal jam operasional, yang membuat pengiriman barang menjadi lebih lancar. Itulah salah satu Jenis-Jenis Truk Dan Kegunaannya

Posting Komentar

© Truckindo. All rights reserved. Developed by Jago Desain