Jenis-Jenis Truk Dan Kegunaannya

Jenis-Jenis Truk Dan Kegunaannya yang ada di tanah air. Semua tipe tersebut tentu memiliki tujuan dan juga fungsi yang berbeda-beda
Jenis-Jenis Truk Dan Kegunaannya

Jenis-Jenis Truk Dan Kegunaannya banyak macam type dan type kendaraan yang berada di tanah air. Semua type itu pasti mempunyai tujuan dan fungsi yang berbeda. Tetapi biasanya beberapa orang yang memandang jika semua tipe kendaraan itu sama, baik itu mobil individu, atuapun mobil pengangkut atau kerap disebutkan dengan truk.

Tetapi pada intinya baik itu mobil individu atau mobil angkutan seperti truk juga masih dibedakan kembali berdasar kategori. Seperti bentuk, jumlah sumbu, jumlah roda, dan kapasitas atau kubikasi yang dimiliki. Hal tersebut mungkin yang masih menjadi polemik di masyarakat kita..

Oleh karena itu, dikesempatan kali ini akan truckindo.com akan menjelaskan secara rinci apa saja jenis truk yang ada di Indonesia. Dimana pada masyarakat luas banyak istilah untuk penamaan kendaraan angkutan ini seperti truk engkel, truk pick up, truk fuso, truk tronton, truk trintin dan juga istilah-istilah lainnya.

Jenis-Jenis Truk Dan Kegunaannya

Dari istilah tersebut, tidak sedikit masyarakat yang masih merasa bingung dengan penamaan tersebut. Lalu apa sih yang membedakan semua jenis truk tersebut ? berikut akan truckindo.com rangkumkan untuk kalian semua mengenai Jenis-Jenis Truk Dan Kegunaannya .

Apa Sih Truk?

Truk adalah sebuah tipe kendaraan atau armada transportasi yang mempunyai wujud dan ukuran brmacam-macam dengan type karoseri yang berbeda. Dimana pemakaian truk sendiri lebih diutamakan pada jasa pengangkutan barang dalam jumlah dan ukuran yang besar.

Jenis-Jenis Truk Dan Kegunaannya

Jenis-Jenis Truk Dan Kegunaannya 

Secara umum dengan banyakanya tipe truk di Indonesia. Banyak warga yang berasa sedikit kebingungan berkenaan jenis dan type truk tersebut. Oleh karena itu berikut informasi-informasi berkenaan perbedaan setiap tipe truk yang kemungkinan menjadi rekomendasi kalian.

Truck Pick Up 

Jenis-Jenis Truk Dan Kegunaannya

Tipe truk pick up yang pertama dari jenis-jenis truk dan kegunaannya . Ini sebagai tipe yang paling kecil antara truk-truk yang lain. Yang di mana mereka cuma mempunyai 2 tipe sumbu roda dengan 4 jumlah roda yang terbagi dimasing-masing sisi.

Dan secara umum mobil pick up cuma mempunyai kemampuan atau volume maksimum 1 CBM. Adapun berat muatan yang sanggup dibawa pada tipe kendaraan ini cuma sekitaran 1.5 ton. Tetapi ada pula pick up yang mempunyai volume sampai 6 CBM yang terbedakan berdasar pada bak yang dipakai.

Truk Engkel

Jenis-Jenis Truk Dan Kegunaannya

Selainnya pick up, ada pula tipe  Engkel atau kerap disebut warga truk engkel jenis-jenis truk dan kegunaannya. Bila dibanding dengan pick up, tipe ini mempunyai ukuran yang semakin besar tetapi sama mempunyai 2 sumbu roda yang terbaik di bagian 2 roda depan dan 2 roda belakang.


Sementara untuk kakaspitas muatannya truk engkel dapat disebut makin besar dibanding dengan pick up karena sanggup bawa muatan sampai 5 ton. Dengan tipe truk ini kalian bisa bawa barang memiliki ukuran besar dan banyak dalam 1x angkut.

Truk Double

Jenis-Jenis Truk Dan Kegunaannya

Seterusnya ada pula tipe truk Ganda atau double. Dilihat sepintas dari bentuknya, truk type ini hampir serupa dengan truk engkel. Tetapi ketidaksamaan yang paling kelihatan berada dari jumlah roda yang dipakai, khususnya di bagian roda belakangnya yang telah memakai 4 roda.

Sementara untuk jumlah sumbu yang dipakainya tetap sama yaitu 2 sumbu tetapi pada masing-masing sumbu roda belakang menyokong 2 roda. Sementara bila disaksikan dari ukuran, truk ini mempunyai jumlah muatan yang semakin besar yaitu sekitaran 6 - 15 ton tergantung dari type truk dan jenis-jenis truk dan kegunaannya. Dan untuk memakai truk ini biasanya sopir harus mempunyai SIM B baik B Polos atau B Umum.

Dan umumnya truk Fuso merupakan truk yang di keluarkan oleh produsen kendaraan Hino, Mitsubhishi dan isuzu yang memang memfokuskan pada produk kendaraan niaga untuk kelas light dan medium truk.

Truck Tronton

Jenis-Jenis Truk Dan Kegunaannya

Truck Tronton tipe truk yang mempunyai kemampuan muatan lebih dari 10 ton bahkan juga sanggup capai 20 ton atau lebih dan jenis-jenis truk dan kegunaannya. Pada tipe ini ada satu type yang bernama truk tronton. Bukan hanya kemampuan muatannya yang beda dengan type truk yang lain.

Jenis-Jenis Truk Dan Kegunaannya

Bila dilihat dari jumlah sumbu rodanya, tipe truk yang ini mempunyai 3 sumbu roda yang terdiri 1 sumbu roda di bagian depan dan 2 sumbu roda di bagian belakang. Jika dilihat dari jumlahnya ban, karena itu truk tronton mempunyai ban sejumlah 10 buah, 2 di bagian depan dan 8 di bagian belakang.

Truck Trintin

Jenis-Jenis Truk Dan Kegunaannya

Bila kalian mencari tipe truk dengan kemampuan muatany yang capai 20 ton atau lebih. Disamping truk tronton, kalian bisa juga pilih truk trintin. Yang di mana ini sebagai salah satunya type truk yang dapat dipakai untuk mengusung barang dalam jumlah besar dan banyak.

Truk trintin dan tronton sama mempunyai 3 sumbu roda. Tetapi bedanya berada di bagian sumbu roda tengah. Di mana proses power streeringnya memakai FWS (Four Wheel Steering). Yang itu artinya truk trintin akan mempunyai 4 roda yang dapat dibelokan yang ada pada sumbu roda depan dan tengah.

Truck Trinton

Jenis-Jenis Truk Dan Kegunaannya

Dan tipe truk yang selanjutnya ialah truk trinton. Untuk tipe yang ini dibuat dengan kemampuan muatan yang semakin besar capai 30 ton dan mempunyai 4 buat sumbu roda. Yang di mana sumbu roda itu terdiri jadi dua yakni 2 sumbu roda di bagian depan yang bisa digerakan di saat berbelok dengan proses FWS.

Dan 2 sumbu roda di bagian belakang yang letakan nyaris berdekatan. Jika disaksikan dari jumlahnya roda yang dibawa, truk tipe ini mempunyai jumlah roda sekitar 12 buah. 8 biji roda ada di bagian belakang dan 4 biji ada di bagian depan yang sama didukung oleh 2 sumbu atau poros.

Truck Trailer

Jenis-Jenis Truk Dan Kegunaannya

Seterusnya ada pula truk trailer, yang di mana tipe truk ini kemungkinan cuma akan di dapatkan pada beberapa pabrik kelas tinggi yang dalam sekali pengangkutan barang dapat mencapi 20 sampai 60 ton. Pada marketingnya, truck trailer dibedakan dalam dua tipe yang dilihat dari jumlah sumbu dari ketinggian.

Yakni truk trailer 20 feet yang mempunyai jumlah sumbu 4 sampai 5 dan truk trailer 40 feet yang mempunyai jumlah sumbu roda 6. Bahkan juga bila dilihat dari jumlah bannya, truk tipe ini minimal mempunyai ban atau roda sekitar 16 sampai 24 buah roda. Dan biasanya pemakaian tipe truk ini mewajibkan sopir mempunyai SIM B2 yang tertinggi.

Truck Kontainer

Jenis-Jenis Truk Dan Kegunaannya

Kemungkinan beberapa orang yang kerap mengatakan istilah truk container. Tetapi pada realitanya container sendiri sebetulnya bukan sebuah armada. Tetapi cuma sebuah petik kemas yang dibikin untuk dapat memuat barang dalam jumlah besar dan banyak dan memiliki sifat fleksibel.

Dan di dunia penyewaan truk, seperti diterangkan di atas. Container tidak bisa dipisah dengan truk trailer ingat container sendiri tidak mempunyai mesin dan roda. Hingga saat kalian ingin sewa container, karena itu telah seharusnya kalian sewa armada trailernya.

Truck Wingbox

Jenis-Jenis Truk Dan Kegunaannya


Dan tipe truk yang terakhir ialah truk Wingbox salahs atu dari jenis-jenis truk dan kegunaannya. Ini sebuah armada yang kemungkinan dapat disebut lebih favorite jika dibanding dengan truk tronton. Pasalnya pada truk tipe ini, kalian dapat semakin percepat proses bongkar dan muat barang.

Pasalnya di ke-3 segi yaitu segi kanan, kiri, dan belakangnya dapat dibuka secara berbarengan. Dan untuk truk Wingbox cuma mempunyai 2 sumbu dengan komposisi sama dengan truk tronton. Karena itu di Indonesia juga banyak yang mengatakan sebagai truk tronton wingbox atau truk engkel wingbox.

Jenis-Jenis Truk Dan Kegunaannya

Nah itulah infomrasi yang bisa truckindo.com rangkum mengenai jenis-jenis truk dan kegunaannya. Jangan lupa juga simak informasi menarik lainnya seputar truckindo terbaru dan terlengkap yang sudah kami rangkum sebelumnya.

Posting Komentar

© Truckindo. All rights reserved. Developed by Jago Desain